10 Tindakan yang Harus Dilakukan saat Mengalami Cystitis

Ilustrasi 10 Tindakan yang Harus Dilakukan saat Mengalami Cystitis

GenitalCare - Saat seseorang menderita cystitis, ada langkah-langkah penting yang perlu mereka lakukan, agar kondisi tersebut cepat sembuh.

Cystitis dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini juga bisa berdampak buruk, apabila dibiarkan begitu saja.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas mengenai tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk terbebas dari cystitis.

1. Temui dokter

Segera temui dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes untuk menentukan penyebab cystitis.

Setelah tes selesai, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika penyebabnya adalah infeksi bakteri.

2. Minum banyak air putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih bermanfaat untuk membantu membersihkan bakteri dari kandung kemih.

3. Buang air kecil sesering mungkin

Jangan menahan buang air kecil. Cobalah untuk buang air kecil sesering mungkin untuk membantu mencegah bakteri berkembang biak di kandung kemih.

4. Minum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau paracetamol, dapat membantu meredakan rasa sakit. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai dosis yang tepat.

5. Istirahat yang cukup

Cobalah untuk memberikan ruang beristirahat untuk tubuh kamu. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

6. Hindari minuman yang mengiritasi

Coba ubah kebiasaan meminum kafein, alkohol, dan minuman asam, dengan mengkonsumsi jus atau semacamnya, karena minuman tersebut dapat memperburuk gejala.

7. Gunakan kompres hangat

Jika gejala cystitis mulai terasa lagi, cobalah kompres menggunakan air hangat di perut bagian bawah dapat membantu meredakan rasa sakit.

8. Kenakan pakaian yang longgar

Pakaian yang longgar dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman. Cobalah untuk tidak sering menggunakan pakaian yang ketat, terutama saat ingin tidur.

9. Hindari hubungan seksual

Hindari melakukan hubungan seksual, karena dapat memperburuk gejala cystitis. Cobalah tunggu sampai gejala membaik sebelum melakukan hubungan seksual.

10. Konsumsi makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat dapat membantu mencegah sembelit, yang dapat memperburuk gejala cystitis.

Penting untuk mengikuti anjuran dokter regarding pengobatan, menjaga kebersihan area genital, dan mengubah pola makan dan gaya hidup untuk mencegah cystitis berulang.

Baca Juga: Tanpa Pengobatan, Apakah Cystitis Bisa Sembuh Sendiri?

Jika Anda mengalami gejala cystitis yang parah atau tidak membaik dengan pengobatan, segera hubungi dokter.

Komentar