Inilah Alasan Mengapa Gonore Harus Segera Diobati

Ilustrasi Alasan Mengapa Gonore Harus Segera Diobati

GenitalCare - Gonore, atau kencing nanah, merupakan infeksi menular seksual yang patut untuk kamu waspadai! Karena penyakit ini mudah menular.

Jika tidak segera diobati, infeksi akan terus berkembang dan bisa menyebabkan komplikasi yang menyerang organ reproduksi, dan bisa menyebabkan kemandulan.

Selain itu, penyakit gonore yang dibiarkan tanpa pengobatan juga dapat meningkatkan penularan HIV, dan parahnya bisa menyebabkan resistensi terhadap antibiotik.

Jadi, sebaiknya konsultasikan keluhan kamu dengan dokter apabila mengalami gejala-gejala gonore. Berikut kita ada beberapa alasan mengapa gonore harus segera mendapat pengobatan.

Risiko Komplikasi Gonore Tanpa Pengobatan

Jika gonore tidak diobati, dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius pada pria dan wanita:

Komplikasi Pada Wanita

  • Penyakit radang panggul (PID): Infeksi pada organ reproduksi bagian atas, termasuk rahim, tuba fallopi, dan ovarium. PID dapat menyebabkan nyeri panggul kronis, infertilitas, dan kehamilan ektopik.
  • Kerusakan tuba fallopi: Tuba fallopi yang tersumbat dapat menyebabkan infertilitas.
  • Kehamilan ektopik: Kehamilan yang terjadi di luar rahim, biasanya di tuba fallopi. Kehamilan ektopik dapat mengancam jiwa.
  • Kanker serviks: Gonore meningkatkan risiko kanker serviks.

Komplikasi Pada Pria

  • Epididimitis: Peradangan pada epididimis, yaitu organ yang terletak di belakang testis dan berfungsi untuk menyimpan sperma. Epididimitis dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan infertilitas.
  • Striktur uretra: Penyempitan uretra, yang dapat membuat buang air kecil menjadi sulit.
  • Infertilitas: Gonore dapat menyebabkan kerusakan pada organ reproduksi pria, yang dapat menyebabkan infertilitas.

Komplikasi Pada Keduanya

  • Infeksi sistemik: Gonore dapat menyebar ke aliran darah dan menginfeksi bagian tubuh lain, seperti sendi, jantung, dan mata.
  • Peningkatan risiko HIV/AIDS: Gonore meningkatkan risiko tertular dan menularkan HIV/AIDS.

Risiko komplikasi gonore semakin tinggi jika kamu memiliki banyak pasangan seksual, memiliki riwayat PMS, tidak menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Baca Juga: Keluar Nanah Saat Kencing? Inilah Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penting untuk segera menemui dokter jika Anda mencurigai bahwa Anda mungkin terinfeksi gonore. Pengobatan gonore yang tepat dan dini dapat membantu mencegah komplikasi jangka panjang yang serius.

Komentar