Mengapa Lemah Syahwat Bisa Terjadi Pada Pria?

GenitalCare - Secara umum, lemah syahwat yang terjadi pada pria merupakan masalah seksual yang dapat mempengaruhi kehidupan mereka.

Lemah syahwat merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti faktor fisik dan juga psikologis.

Tidak sedikit pria yang mengalami kondisi ini, terutama jika mereka sudah mulai berumur. Tetapi, lemah syahwat tidak hanya pada pria yang berumur, terkadang juga terjadi pada mereka yang masih remaja.

Lalu, mengapa lemah syahwat bisa terjadi pada pria? Begini penjelasannya!

Apa itu Lemah Syahwat?

Ilustrasi Lemah Syahwat Bisa Terjadi Pada Pria
Ilustrasi Lemah Syahwat Bisa Terjadi Pada Pria

Lemah syahwat, yang biasa dikenal sebagai disfungsi ereksi atau impotensi, adalah kondisi pada pria yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk hubungan seksual.

Umumnya, kondisi ini bisa bersifat sementara atau kronis, bahkan bisa berdampak buruk pada kesejahteraan emosional dan harga diri pria, serta hubungannya dengan pasangan.

Nah, untuk mengetahui seorang pria mengalami lemah syahwat atau tidak, berikut adalah gejala dan penyebabnya.

Gejala

  • Kesulitan mencapai ereksi, meskipun dengan stimulasi
  • Kesulitan mempertahankan ereksi cukup lama untuk berhubungan seksual
  • Penurunan hasrat seksual

Perlu dicatat bahwa sesekali kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi adalah normal dan bisa disebabkan oleh stres, kelelahan, atau konsumsi alkohol.

Namun, jika Anda mengalami gejala ini secara teratur, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasarinya.

Penyebab

  • Penyebab fisik: Ini bisa termasuk masalah pembuluh darah, ketidakseimbangan hormon, kerusakan saraf, dan kondisi medis tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.
  • Penyebab psikologis: Ini bisa termasuk stres, kecemasan, depresi, dan masalah hubungan.
  • Faktor gaya hidup: Ini bisa termasuk merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan penggunaan obat-obatan terlarang.

Pengobatan untuk lemah syahwat akan tergantung pada penyebab utamanya. Dalam beberapa kasus, perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok dan menurunkan berat badan, mungkin sudah cukup. Dalam kasus lain, obat-obatan, terapi, atau bahkan operasi mungkin diperlukan.

Baca Juga: Lemah Syahwat Tak Kunjung Sembuh? Begini Cara Mengobatinya

Jika Anda khawatir mengalami lemah syahwat, penting untuk berbicara dengan dokter Anda.

Dokter dapat membantu Anda menentukan penyebab masalah dan mengembangkan rencana perawatan yang tepat untuk Anda.

Komentar