4 Cara Efektif Mengatasi Penyakit Sipilis

Ilustrasi Cara Efektif Mengatasi Penyakit Sipilis
Ilustrasi Cara Efektif Mengatasi Penyakit Sipilis (Sumber: GenitalCare)

GenitalCare - Apakah Anda tahu? Sipilis atau raja singa adalah penyakit menular seksual (PMS) akibat infeksi bakteri Treponema pallidum. Dan jika tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan kematian.

Biasanya, pengobatan sipilis tergantung pada tahap penyakitnya. Pada tahap awal, sipilis dapat sembuh menggunakan antibiotik. Pengobatan ini harus diberikan melalui suntikan oleh dokter.

Lalu, pada tahap lanjut, sipilis membutuhkan pengobatan yang lebih lama dan intensif. Penting untuk segera menemui dokter jika Anda mencurigai bahwa menderita sipilis.

Kemudian, pada tahap selanjutnya harus bagaimana? Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya di bawah ini.

Langkah-Langkah Mengatasi Sipilis

Hal pertama yang harus Anda ketahui cara mengatasi sipilis adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Tujuannya adalah, agar kita tahu sudah sampah tahap apa dan separah apa penyakit yang kita derita.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Pengobatan dengan Antibiotik

Cara utama untuk mengatasi sipilis adalah dengan pengobatan antibiotik. Jenis antibiotik yang digunakan tergantung pada stadium penyakit.

Pada stadium awal, sipilis dapat disembuhkan dengan penisilin suntik. Pada stadium lanjut, diperlukan pengobatan antibiotik yang lebih lama dan intensif.

Penting untuk segera menemui dokter jika Anda mencurigai bahwa Anda menderita sipilis.

Ikuti seluruh pengobatan yang telah doker resepkan, meskipun Anda merasa sudah sembuh. Pastikan pasangan seksual Anda juga diperiksa dan diobati.

2. Menghindari Berhubungan Seksual

Selama masa pengobatan, penting untuk menghindari berhubungan seksual. Hal ini untuk mencegah penularan sipilis kepada orang lain.

3. Melakukan Tes Rutin

Setelah menyelesaikan pengobatan, Anda harus melakukan tes sipilis secara rutin. Hal ini untuk memastikan bahwa penyakitnya telah sembuh dan tidak kambuh kembali.

4. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

Menjaga kesehatan dan kebersihan dapat membantu mencegah komplikasi sipilis. Pastikan untuk makan makanan yang sehat dan bergizi, minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

Perlu Anda ingat, jika sudah melakukan pengobatan, pastikan untuk menyelesaikannya sesuai dengan arahan dari dokter Anda.

Baca Juga: 5 Cara Penularan Sipilis yang Paling Umum

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih!

Komentar