5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Cystitis

Ilustrasi 5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Cystitis

GenitalCare - Cystitis, adalah peradangan pada kandung kemih yang seringkali dipicu oleh kebiasaan buruk sehari-hari.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengungkap beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko cystitis.

Jadi, dengan memahami dampak negatif dari kebiasaan tertentu, kamu bisa mempertimbangkan langkah-langkah proaktif untuk melindungi kesehatan kandung kemih dan mencegah terjadinya cystitis.

1. Kurang Minum Air

Konsumsi air yang kurang dapat mengakibatkan urin yang terlalu pekat, meningkatkan risiko iritasi pada kandung kemih dan menyebabkan cystitis.

Cobalah untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Tidak Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil dapat menyebabkan penumpukan bakteri dalam kandung kemih, yang dapat merangsang peradangan dan menyebabkan cystitis.

3. Membersihkan Kemaluan dari Belakang ke Depan

Wanita yang membersihkan daerah genital dari belakang ke depan setelah buang air kecil atau buang air besar dapat memindahkan bakteri dari usus ke kandung kemih, meningkatkan risiko infeksi.

4. Jangan Gunakan Pakaian Ketat Terlalu Lama

Pakaian ketat dapat menciptakan lingkungan lembab dan hangat yang mendukung pertumbuhan bakteri, meningkatkan potensi terjadinya infeksi kandung kemih.

Baca Juga: Penyebab Kencing Menjadi Sakit yang Sering Dikeluhkan

5. Penggunaan Spermisida

Beberapa metode kontrasepsi, seperti spermisida, dapat meningkatkan sensitivitas terhadap infeksi kandung kemih, memicu peradangan dan menyebabkan cystitis.

Menghindari kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu mengurangi risiko terkena cystitis dan memelihara kesehatan kandung kemih.

Komentar