5 Tindakan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Gonore

GenitalCare - Gonore atau penyakit kencing nanah, adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae. Ada beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan, ketika Anda menderita gonore.

Untuk mencegah penyebaran infeksi, penting bagi penderita untuk menghindari kontak seksual tanpa perlindungan dengan pasangan, hingga mereka dinyatakan sembuh setelah menjalani pengobatan yang sesuai.

Bukan hanya itu saja, masih banyak hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan saat menderita gonore.

Berikut ada 5 tindakan yang sebaiknya dihindari bagi penderita gonore. Mari simak artikel di bawah ini.

Ilustrasi Tindakan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Gonore
Ilustrasi Tindakan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Gonore (Sumber gambar: canva.com)

1. Berhubungan seksual

Gonore sangat menular melalui kontak seksual, baik vaginal, anal, maupun oral. Oleh karena itu, penderita gonore harus menghindari berhubungan seksual sampai mereka menyelesaikan pengobatan antibiotik dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

Berhubungan seksual sebelum sembuh dapat menularkan infeksi kepada pasangan dan meningkatkan risiko komplikasi.

2. Berbagi barang pribadi

Gonore juga dapat menular melalui kontak dengan barang pribadi yang terkontaminasi cairan tubuh penderita, seperti handuk, pakaian dalam, dan mainan seks.

Jadi, sebaiknya hindari berbagi barang-barang ini dengan orang lain sampai mereka sembuh.

3. Minum alkohol

Alkohol dan narkoba dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Selama masa pengobatan, sebaiknya hindari konsumsi alkohol.

4. Merokok

Merokok dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko komplikasi dari gonore.

Usahakan untuk berhenti merokok ketika Anda menderita gonore, dan sedang menjalani pengobatan.

5. Mengabaikan pengobatan

Penting bagi penderita gonore untuk menyelesaikan pengobatan antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter, meskipun gejalanya sudah membaik.

Jika Anda mengabaikan pengobatan, maka dapat menyebabkan infeksi kambuh dan menjadi lebih sulit diobati, serta meningkatkan risiko komplikasi serius.

Selain menghindari tindakan-tindakan di atas, penderita gonore juga harus memberitahu semua pasangan seksual mereka baru-baru ini agar mereka dapat diperiksa dan diobati jika perlu.

Baca Juga: Risiko Jangka Panjang Penyakit Gonore yang Tidak Diobati

Penderita gonore juga harus menjalani tes ulang beberapa minggu setelah menyelesaikan pengobatan untuk memastikan infeksinya telah sembuh.

Komentar