Pengertian dan Cara Penularan Trikomoniasis

Ilustrasi Pengertian dan Cara Penularan Trikomoniasis
Ilustrasi Pengertian dan Cara Penularan Trikomoniasis (Sumber: GenitalCare)

GenitalCare - Trikomoniasis adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh protozoa parasit bernama Trichomonas vaginalis.

Infeksi ini umumnya menyerang saluran reproduksi manusia, terutama pada wanita, dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

Nah, jika Anda sekiranya aktif dalam hubungan seksual, dan pernah melakukan hubungan dengan berganti-ganti pasangan, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin.

Jadi, penting untuk diingat bahwa trikomoniasis dapat menyebar bahkan jika tidak ada gejala yang terlihat. Penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Penyakit Trikomoniasis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, trikomoniasis merupakan salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh protozoa parasit Trichomonas vaginalis.

Penyakit ini umumnya memengaruhi saluran reproduksi, terutama pada wanita, dan dapat menyebabkan gejala seperti rasa gatal, perih, keputihan abnormal, dan kadang-kadang nyeri saat buang air seni.

Lalu, salah satu penularan trikomoniasis terjadi melalui kontak langsung dengan organ genital yang terinfeksi.

Pada pria, trikomoniasis bisa tanpa gejala atau menunjukkan gejala ringan. Pemantauan kesehatan seksual, pencegahan, dan pengobatan yang tepat dapat mengatasi penyakit ini dan mencegah penyebarannya.

Cara Penularan Penyakit Trikomoniasis

Ilustrasi Cara Penularan Penyakit Trikomoniasis
Ilustrasi Cara Penularan Penyakit Trikomoniasis (Sumber: Canva)

Cara penularan trikomoniasis, melibatkan hubungan seksual tanpa kondom dengan seseorang yang telah terinfeksi.

Beberapa aspek penularan trikomoniasis bisa Anda simak di bawah ini.

1. Hubungan Seksual

Kontak langsung antara alat kelamin yang terinfeksi dengan alat kelamin pasangan saat berhubungan seksual tanpa kondom menjadi cara utama penularan trikomoniasis.

2. Pemakaian Alat Bantu Seks

Berbagi alat bantu seks, seperti dildo atau mainan seks, yang tidak dibersihkan dengan baik setelah digunakan oleh seseorang yang terinfeksi dapat menjadi sumber penularan.

3. Penularan dari Perempuan ke Perempuan

Meskipun lebih umum pada perempuan, trikomoniasis dapat menular dari perempuan ke perempuan melalui kontak genital, meskipun risikonya lebih rendah dibandingkan dengan penularan antara perempuan dan pria.

4. Penularan dari Pria ke Pria

Meskipun lebih sering terjadi pada perempuan, trikomoniasis juga dapat menular dari pria ke pria melalui kontak seksual.

Pencegahan melibatkan penggunaan kondom secara konsisten dan melakukan pemeriksaan kesehatan seksual rutin, terutama jika memiliki pasangan seksual baru.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih!

Komentar